Senin, 30 Januari 2017

Jenis Operator dan Ekspresi dalam bahasa C.

      Kali ini saya akan memosting operator dan ekspresi dalam bahasa C. Dalam bahasa C, operator dibagi menjadi empat yaitu Aritmatika, Pemberi Nilai, Perbandingan, Logika. Setiap jenis operator memiliki fungsi yang berbeda -beda. Tetapi, masing - masing dapat berhubungan. Ok langsung saja check it out…

Operator

Operator adalah simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data.

1. Operator Aritmatika
Digunakan untuk mengoperasikan data-data numerik, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain-lain.


2. Operator Pemberi  Nilai
Operator pemberi nilai penugasan (assignment operator) adalah operator yang digunakan untuk memberikan nilai pada suatu variabel.


3. Operator Perbandingan
Operator perbandingan adalah binary operator yang digunakan untuk membandingkan suatu nilai. Dalam C, ada enam jenis operator relasional: lebih besar, lebih besar atau sama dengan, lebih kecil, lebih kecil atau sama dengan, sama dengan, dan tidak sama dengan.



4. Operator Logika
Operator logika adalah operator-operator yang berkaitan dengan operasi logika, seperti negasi, (ingkaran), konjungsi (dan), dan disjungsi (atau).



Ekspresi

Ekspresi  adalah transformasi nilai menjadi keluaran yang dilakukan melalui suatu perhitungan (komputasi). Ekspresi terdiri atas operand dan operator, contoh ekspresi: “a + b”.Hasil Evaluasi dari sebuah Ekpresi adalah nilai yang sesuai dengan type operand yang dipakai.

1.  Ekspresi aritmatika
Ekspresi yang baik operand-nya bertipe numerik dan hasilnya juga bertipe numerik. Ekspresi aritmatika memakai operator aritmatika. Pada ekspresi aritmetik terdapat 2 buah operator yaitu :

  • Operator biner, yaitu ekspresi yang operatornya membutuhkan 2 buah operand. Contoh a + b
  • Operator Uner, yaitu “-” atau operator yang punya 1 operand contoh “-2” Contoh 2. (Penulisan ekspresi dengan notasi algoritma)
T = 5/9 * (c + 32)
Z = (2*x + y) / (5 * w)
Y = 5((a+b) / (c*d) + m (p + q))

2.  Ekspresi Perbandingan/ Relasional
Ekspresi relasional adalah ekspresi dengan operator <, ≤, >, ≥, =, dan ≠, not, and, or dan xor dengan menghasilkan nilai bertipe boolean (true atau false). Biasanya ekspresi Relasional disebut ekspresi boolean.

3.  Ekspresi Logika (Menggunakan Operator Boolean)
sebuah perintah yang akan mengeksekusi suatu perintah apabila kondisi tertentu terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar